Jumat, 29 Maret 2013

Sungai Amazon







        Sungai Amazon adalah sungai terpanjang ke -2 di dunia yang terletak di Amerika Selatan . Sungai ini mengalir mulai dari Pegunungan Andes di negara Peru, Equador, dan Kolombia ke arah timur ke negara Brasil sampai akhirnya menuju ke Samudera Atlantik. Sungai ini memiliki panjang 6400 km,lebarnya sekitar 190 km,dan tinggi mata airnya sekitar 5597 m .

      Sungai ini melepaskan air tawar ke samudera atlantik dengan jumlah yang sangat besar yaitu sekitar 184.000 m³ per detiknya (6,5 juta kaki³) pada musim hujan .Kadar garam air laut yang berada di dekat sungai amazon rendah sampai beratus mil jauhnya . Aliran sungai Amazon seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia . Sungai ini bisa di sebut sungai terkuat di dunia karena jumlah aliran air perdetiknya sangat banyak di bandingkan sungai-sungai lain . 


       Sungai amazon ini diperkirakan terbentuk sekitar 5.000 juta tahun yang lalu ,menurut suku aslinya sungai ini terbentuk karena spesies anaconda yang sangat besar yang disebut sucuritzu gigante. 
       Sucuritzu Gigante memiliki panjang yang mencapai 40 m , diameternya 80 cm , dan beratnya sekitar 4 ton . Hujan lebat yang membuat adanya lumpur di lokasi tersebut . Mungkin lumpur itulah yang kini menjadi sungai Amazon . Dahulu, ada beberapa penjelajah dunia yang telah menjadi saksi tentang keberadaan sosok ular raksasa tersebut di Sungai Amazon. 




Sungai Amazon

      Sungai Amazon memiliki  Delta yang lebarnya mencapai 150 mil atau 240 km . Sedimen yang dibuang sungai Amazon ke laut mampu mewarnai lautan sejauh 186 mil dari tepi pantai. Banyaknya aliran air pada sungai Amazon membuat delta sungai Amazon menjadi delta terbesar yang ada di dunia. 

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman

Gambar tema oleh nicodemos. Diberdayakan oleh Blogger.

© Lifida, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena